Panen Raya di Lahan Binaan SHS, Mentan Apresiasi Hasil Panen

Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Acara ini dilakukan di lahan Penangkaran benih padi binaan PT Sang Hyang Seri

Penyambutan Menteri Pertanian Republik Indonesia dalam acara Panen Raya

Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasir Limpo menghadiri dan ikut serta dalam kegiatan Panen Raya yang dilakukan di Lahan binaan PT Sang Hyang Seri berlokasi di Desa Sari Mulyo, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu pada Jumat (10/2). Dalam kunjungan ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasir Limpo memberikan apresiasi atas capaian serta kontribusi petani dalam swasembada pangan khususnya beras.

“Panen yang maksimal di Bengkulu ini membuat saya tidak ragu dan percaya Indonesia dapat menghadapi tantangan apapun karena beras yang dihasilkan sangat baik dan maksimal untuk di wilayah ini.”Ujar Syahrul.

Berdasarkan data BPS pada November 2022, luas panen padi di Bengkulu pada 2022 diperkirakan sebesar 58.664 hektare, meningkat 2.959 hektare (5,31%) dibandingkan luas panen padi di 2021. Produksi padi pada 2022 meningkat 19.039 ton GKG (7,02%) menjadi 290.156 ton GKG dibandingkan tahun 2021.

Selain itu, Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasir Limpo menambahkan agar Petani Indonesia khususnya di Bengkulu ini dapat terus memberikan peningkatan agar dapat memperkuat pangan Indonesia. Serta dalam mewujudkan tujuan tersebut, Syahrul Yasin Limpo memberikan bantuan berupa benih padi, power threser, pupuk organik cair, serta hand sprayer elektrik.

“Sehingga saya harapkan panen sekarang maupun kedepannya harus konsisten apalagi terjadi peningkatan hasil yang dapat terus menjadi tujuan utama kita agar Pangan Indonesia tetap kuat.” tambah Syahrul.

Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah Syahili juga menambahkan hal yang serupa dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasir Limpo.

“Kami pasti akan selalu dukung untuk kemajuan para petani, karena kalau pangan selalu tersedia tentu negara ini, Indonesia akan kuat juga.” Ucap Rosjonsyah.

Dalam kegiatan ini juga, Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasir Limpo juga mengedukasi petani Seluma untuk membuat biosaka sebagai booster pupuk untuk meningkatkan produksi petani.

Adhi Cahyono Nugroho selaku Direktur Utama PT Sang Hyang Seri turut senang dan bangga terhadap hasil panen di Lahan binaan PT Sang Hyang Seri Cabang Bengkulu, Adhi menyampaikan semua merupakan buah dari hasil kerjaama yang baik dari semua pihak, terutama petani.

“Saya turut bangga terhadap hasil panen yang baik di lahan binaan PT Sang Hyang Seri ini. Ditambah kehadiran dari Menteri Pertanian Republik Indonesia untuk turut serta dalam panen bersama ini menambah semangat baru bagi kami dan teman – teman petani untuk mencapai hasil yang semakin maksimal, agar ketahanan pangan Indonesia dapat selalu terjaga.” Ujar Adhi.