Sejarah perusahaan

Tentang
Sang Hyang Seri

Sang Hyang Seri bergerak di sektor pertanian dengan kegiatan bisnis utama meliputi: produksi pertanian, pemasaran komoditi pertanian, jasa di bidang pertanian, optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perseroan, dan penugasan Pemerintah.

 

Shape

Pamanoekan en Tjiasemlanden Lands (P & T Lands) merupakan cikal bakal perusahaan kami berdiri, yang mana diperkirakan didirikan sejak tahun 1812.

Sumber: National Geographic Indonesia​

Perkebunan teh yang luas, milik Pamanukan dan Tjiasemlanden di distrik Soekamandi, timur laut Poerwakarta.

Sumber: National Geographic Indonesia

Sang Hyang Seri dan PT Pertani resmi melakukan penggabungan pada tahun 2021.

Tahun 1812

  • Sang Hyang Seri di Sukamandi adalah bagian dari bekas perkebunan milik perusahaan Pamanoekan en Tjiasemlanden Lands  yang diperkiran didirikan pada tahun 1812. 

Tahun 1957

  • Pada tahun 1957 perusahaan tersebut dinasionalisasi pemerintah dan dikelola oleh Yayasan Pembangunan Djawa Barat (YDPB) sampai tahun 1964. Selanjutnya, dalam tahun 1964-1966 pengelolaan perkebunan itu dialihkan kepada Perusahaan Tapioka dan Rosela Sukamandi Djaya.

Tahun 1966

  • Sejak tahun 1966, karena kurang optimal, perusahaan tapioca dan
    rosella dihentikan dan areal perkebunan diserahkan kepada Departemen Pertanian (Sekarang Kementerian Pertanian Republik Indonesia) dalam rangka pelaksanaan Program Bimas yang kemudian mengalihkan fungsi tanah tersebut menjadi areal persawahan. Areal persawahan itu dijadikan sebagai lahan Projek Produksi Pangan Sukamandi Djaya (Proyek Dewi Sri Djaya), bagian dari proyek intensifikasi pertanian pangan pada masa itu. Proyek tersebut berlangsung sampai tahun 1968, sebelum kemudian berubah menjadi Lembaga Sang Hyang Seri Sukamandi (1968-1971) yang khusus mengusahakan produksi benih padi unggul.
 
 

Tahun 1971

  • Lembaga Sang Hyang Seri menjadi Perum Sang Hyang Seri dengan bisnis lini produksi benih padi bersertifikat dalam rangka mendukung swasembada beras Nasional (PP. No 22, 5 Mei tahun 1971 ; PP No. 44/1985) yang kemudian selanjutnya diperingati hari ultang tahun Sang Hyang Seri yang jatuh pada tanggal 5 mei tahun 1971. 
 
 

Tahun 1995

  • Perum Sang Hyang Seri berubah status menjadi Persero, PT Sang Hyang Seri (Persero) dengan bisnis inti benih pertanian (PP 18/1995).
 
 

Tahun 2021

  • PT Sang Hyang Seri (Persero) menerima penggabungan PT Pertani kedalam PT Sang Hyang Seri dan berfokus bisnis pada bidang perberasan,perbenihan dan hortikultura serta menjadi bagian dari BUMN Holding Pangan, dibawah naungan ID FOOD.