PT Sang Hyang Seri Luncurkan Program Pembayaran Real-Time Ke Mitra Petani Sukamandi

Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Subang (1/09) – PT Sang Hyang Seri anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD melakukan inisiatif terbaru dalam hal teknik paska panen dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan di tingkat petani. Perusahaan berhasil melaksanakan offtake 100% hasil panen pada hari pertama dan akan berlangsung untuk seluruh lahan sawah di Sukamandi seluas 3.156ha dimana lahan dikelola bersama mitra petani melalui penerapan skema fair price dan pembayaran real-time, dengan tujuan menghilangkan peran tengkulak dalam rantai pasok pasca panen.

Sejalan dengan misi untuk mengoptimalkan peran mitra petani dan menciptakan ekosistem pertanian yang adil dan transparan.

Inovasi utama dalam kemitraan ini adalah pengenalan “Skema Harga yang Adil” dan sistem “Pembayaran Satu Hari,” yang memberikan banyak manfaat baik bagi petani maupun PT Sang Hyang Seri.

Skema Harga Adil, PT Sang Hyang Seri berkomitmen untuk membayar harga yang adil untuk hasil panen petani, sehingga usaha keras mereka dihargai dengan layak. Struktur harga ini ditentukan berdasarkan tarif pasar dan biaya input, sehingga petani menerima kompensasi yang pantas atas usaha mereka.

Pembayaran Satu Hari (One day payment), bertujuan meningkatkan keamanan finansial petani karena dilakukan melalui transfer ke rekening petani. Program ini tidak hanya mengurangi risiko eksploitasi oleh perantara, tetapi juga memberikan likuiditas segera kepada petani, memungkinkan mereka untuk menginvestasikan kembali dalam pertanian dan penghidupan mereka dan juga persiapan musim tanam berikutnya.

Dengan menerapkan langkah-langkah inovatif ini, PT Sang Hyang Seri bertujuan untuk menciptakan ekosistem pertanian yang lebih adil dan berkelanjutan. Petani dalam kemitraan ini sekarang dapat fokus pada tanaman mereka tanpa khawatir tentang fluktuasi pasar atau tekanan harga dari para tengkulak.

“Kami percaya bahwa dengan mengadopsi harga yang adil dan pembayaran satu hari, kami dapat memberdayakan mitra pertanian kami, meningkatkan penghidupan mereka, dan berkontribusi pada pengembangan sektor pertanian yang lebih tangguh dan adil,” ujar Adhi Cahyono Nugroho Direktur Utama PT Sang Hyang Seri.

Inisiatif berdampak tinggi ini mencerminkan dedikasi PT Sang Hyang Seri sebagai BUMN pada praktik bisnis yang bertanggung jawab dan upaya berkelanjutan perusahaan untuk memperkuat kolaborasi di dalam komunitas pertanian dimana Petani adalah Stake holder terbesar perusahaan.