Kerjasama PT Sang Hyang Seri dengan BRIN untuk Penanaman Sorgum: Menuju Alternatif Kemandirian Pangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

PT Sang Hyang Seri anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD melakukan kerjasama kemitraan strategisnya dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam rangka pengembangan dan penanaman sorgum di Lahan Aset Lahan Sukamandi, Milik PT Sang Hyang Seri. Kerjasama ini bertujuan untuk melakukan riset dan pengembangan untuk diversifikasi bahan baku pangan.

Melalui kemitraan ini, PT Sang Hyang Seri dan BRIN akan bekerja sama untuk mendorong penanaman sorgum secara luas karena Sorgum sebagai salah satu komoditas pangan memiliki potensi besar karena memiliki keunggulan dalam toleransi terhadap cuaca ekstrem dan kebutuhan air khsusunya ancaman El Nino yang memicu terjadinya kondisi kekeringan.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri,Adhi Cahyono Nugroho, mengungkapkan antusiasmenya terkait kemitraan ini: “Kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan BRIN dalam upaya memperkenalkan dan mengembangkan tanaman sorgum di Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan teknis dan sumber daya yang diperlukan untuk kesuksesan program ini.” BRIN, sebagai lembaga riset nasional, akan berperan dalam menyediakan penelitian ilmiah, pemantauan, dan pemetaan lokasi yang tepat untuk penanaman sorgum. Ini akan membantu petani lokal untuk mengadopsi praktik terbaik dalam penanaman dan pengelolaan sorgum.

Penggunaan sorgum sebagai bahan baku pangan dapat mendiversifikasi pasokan pangan Indonesia, mengurangi kerentanan terhadap perubahan iklim, dan meningkatkan ketahanan pangan dalam negeri. Selain itu, penanaman sorgum juga dapat menjadi peluang ekonomi baru bagi petani di berbagai wilayah Indonesia.

Kemitraan ini juga adalah salah satu langkah konkret dalam mendukung Indonesia untuk mencapai kemandirian pangan, memajukan sektor pertanian, dan meningkatkan kesejahteraan petani. PT Sang Hyang Seri dan BRIN berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam rangka mencapai tujuan ini.