Acara peresmian Holding BUMN Pangan ID Food dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi.

Holding BUMN Pangan Indonesia resmi diluncurkan pada 12 Januari 2022 dengan nama ID Food, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI ditunjuk sebagai induk Holding BUMN Pangan dengan anggota holding yang terdiri dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI, PT Sang Hyang Seri (Persero), PT Perikanan Indonesia (Persero) atau Perindo, PT Berdikari (Persero) dan PT Garam (Persero).

Acara peresmian Holding BUMN Pangan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Direktur Utama RNI Arief Prasetyo.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan di awal tahun 2022 ini, Indonesia mempunyai terobosan yaitu dibentuknya Holding BUMN Pangan dengan nama yang cukup menarik yaitu ID Food.

Tujuan dibentuknya Holding BUMN Pangan adalah untuk menciptakan transformasi ekosistem pangan yang kuat dan terintegrasi dari hulu hingga hilir selain itu, holding BUMN pangan ini harus dirasakan dampaknya oleh petani, peternak dan nelayan.

“ Peluncuran holding pangan dengan merek ID Food ini bukan hanya ganti logo saja tetapi harus dipastikan ekosistem BUMN yang ada di dalamnya terus diperbaiki terutama yang berkaitan dengan supply chain,” ujar dia saat Peresmian Holding BUMN Pangan di Museum Fathahillah, di Jakarta, Rabu (12/1).

PT RNI ditunjuk sebagai induk holding BUMN Pangan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 118 tahun 2021. Melalui Holding BUMN Pangan Indonesia sudah mempunyai jati diri dan transformasi pangan yang solid.

Selama ini supply chain pangan penuh dengan ketidakpastian dengan hadirnya ID Food semuanya bisa dibereskan dan tidak ada ditemukan masalah lagi.

Holding BUMN Pangan atau ID Food ini juga harus melakukan koordinasi dengan BUMN lain seperti Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III, dan Himpunan Bank Bank Milik Negara (Himbara).

Ke depannya, ID Food ini juga bisa memberikan pendampingan kepada petani, peternak dan nelayan dan mencarikan solusi yang tepat bagi mereka jika mereka menemukan kendala.

Direktur Utama PT RNI Arief Prasetyo mengatakan kehadiran Holding BUMN Pangan diharapkan bisa menciptakan semangat untuk ketahanan pangan nasional, tempat mengadu bagi peternak, nelayan dan petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.